Menu Olahan Daging Kambing yang Banyak Peminatnya

jasa aqiqah

Meskipun daging kambing memiliki ciri khas bau prengus dan kealotan yang tidak biasa. Namun masih banyak orang yang menyukai olahan daging kambing ini. Hal ini tidak lain karena manfaat yang terkandung dalam daging kambing itu sendiri. Daging kambing di klaim menjadi salah satu sumber protein hewani yang gampang ditemukan di Indonesia. Selain protein, masih ada kandungan lain yang terdapat dalam daging kambing ini. Diantaranya adalah lemak, kalori, kalsium, natrium, omega, folat, dan kandungan lainnya. Dengan mengonsumsi daging kambing yang sesuai porsi mampu mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, membantu diet, menjaga kesehatan jantung dan lainnya.

11 Menu Olahan Daging Kambing Supaya Tidak Bosan Saat Memakannya

Biasanya olahan daging kambing banyak ditemukan ketika perayaan Idul Adha dan aqiqah anak. Namun di luar itu, banyak tempat makan yang menyediakan olahan daging kambing untuk memenuhi hasrat makan masyarakat sekitar. Untuk membuat olahan dari daging kambing yang disukai oleh banyak orang. Tentunya harus membuat daging kambing sedemikian rupa supaya tidak bau prengus dan empuk saat dimakan. Ketika caranya tepat, maka olahan daging kambing bisa membuat banyak orang tertarik untuk mencoba lagi dan lagi.

Untuk olahan daging kambing sendiri banyak macamnya dan tidak akan membuat bosan ketika menyantapnya. Berikut ini beberapa olahan daging kambing yang bisa Anda coba.

  1. Sate

Bisa dikatakan merupakan salah satu raja olahan daging kambing. Bukan hanya dari segi rasa yang lezat, namun untuk membuatnya pun cepat dan mudah. Bahkan siapa saja bisa membuat sate kambing ini. Olahan daging kambing ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Baik orang dewasa sampai anak-anak. Untuk membuat sate ini hanya perlu memotong daging kambing, mencuci, dan menyiapkan bumbu. Setelahnya, daging kambing di balur bumbu dan diamkan untuk beberapa saat. Kemudian ditusuk menggunakan lidi bambu dan dibakar sampai matang.

  1. Gulai

Olahan daging kambing yang satu ini biasanya dipasangkan dengan sate. Untuk membuat gulai sendiri pun juga tidak terlalu sulit. Campuran bumbu rempah membuat nafsu makan menjadi semakin meningkat. Apalagi gulai kambing ini memiliki kuah, jadi cocok untuk dijadikan lauk makan siang atau makan malam. Biasanya gulai kambing dibuat dari potongan daging, kikil, jeroan dan tengkleng yang dimasak sampai empuk. Selain dimakan dengan nasi, gulai kambing juga bisa dimakan bersamaan dengan lontong.

  1. Tongseng

Berbeda dengan gulai yang memiliki kuah encer, tongseng ini kuahnya kental. Untuk bumbu yang digunakan mengolah tongseng sebenarnya hampir sama. Tongseng diolah dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang. Jadi persiapkan daging kambing dengan iga untuk membuat tongseng kambing ini. Cita rasa yang dihasilkan tongseng ini sedikit manis dengan aroma yang membuat siapa saja tertarik dan ketagihan.

  1. Rendang

Mungkin Anda membayangkan bagaimana rasa dari rendang kambing bukan? Sebab kebanyakan rendang dibuat dari daging sapi. Untuk rendang kambing ini memiliki cita rasa khas dan membuat banyak orang ingin menyantapnya terus. Proses memasak rendang sendiri memang membutuhkan waktu lama. Bisa dari berjam-jam sampai berminggu-minggu. Supaya bisa mendapatkan rasa rendang kambing yang nendang memang membutuhkan waktu cukup lama.

  1. Kari

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan olahan daging kambing berbumbu santan. Tidak ada salahnya untuk mencoba olahan kari kambing ini. Mungkin Anda juga sedikit bertanya-tanya bagaimana rasa dari kari kambing. Sebab biasanya kari dibuat dari daging ayam. Untuk mengolah kari kambing ini perlu mempersiapkan daging dan iga kambing. Nantinya akan diolah dengan cengkeh, lengkuas, bawang merah, bawang putih dan jahe.

  1. Tengkleng

Menu yang satu ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Saat dilihat sekilas memang tidak berbeda dengan gulai kambing. Namun yang berbeda adalah dari segi kuahnya lebih encer dibandingkan dengan gulai. Biasanya tengkleng ini dibuat dari tulang kambing dan daging yang menempel pada tulang. Bagian favorit untuk membuat tengkleng sendiri adalah tulang iga. Rasa lezat dihadirkan dari tengkleng dan membuat orang yang menyantap mendapatkan kenikmatan tersendiri.

  1. Rica-Rica

Salah satu olahan daging kambing ini juga patut untuk Anda coba jika termasuk orang yang suka makanan pedas. Jika umumnya rica-rica dibuat dari daging ayam atau bebek. Rica-rica daging kambing ini tidak kalah nikmat lho untuk disantap. Untuk membuat rica-rica kambing sendiri pun tidak sulit dan tidak membutuhkan bumbu-bumbu khusus. Cukup bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan jahe. Juga jangan lupakan potongan daging kambing. Kemudian dimasak sampai empuk dan siap untuk disajikan.

  1. Sup Daging Kambing

Siapa bilang sup hanya boleh dari bakso, daging ayam atau daging sapi? Nyatanya sup juga bisa dibuat dari daging kambing dan rasanya juga tidak kalah nikmat. Menu satu ini bisa dijadikan alternatif jika sudah bosan dengan sate, gulai, tongseng atau olahan lainnya. Untuk mengolah sup daging kambing ini tidak hanya bisa dari dagingnya saja. Tetapi juga bisa menambahkan telinga, otak, atau lidah kambing. Yang mana bisa dibuat menjadi kuah kental atau kuah encer. Bisa ditambahkan bahan pelengkap seperti aneka sayuran seperti wortel. Sup daging kambing ini rasanya lezat dan cocok disajikan saat masih panas.

  1. Nasi Goreng

Hmmm… Olahan yang satu ini memang menggoda untuk dinikmati saat makan malam. Potongan daging kambing berpadu dengan bumbu nasi goreng. Sangat nikmat dan tidak terelakkan lagi. Untuk cara mengolah nasi goreng ini sangat mudah dan bumbunya pun mudah ditemukan. Daging kambing dengan potongan besar ditumis, masak bersama bumbu dan nasi. Memasak nasi goreng kambing ini pun tidak perlu menggunakan minyak samin dan tetap terasa nikmat ketika disantap.

  1. Iga Kambing Bakar Madu

Cita rasa iga bakar yang nikmat, belum lagi ditambah dengan olesan saus madu legit. Membuat iga kambing bakar madu menjadi semakin nikmat. Olahan satu ini bisa dijadikan alternatif pengganti sate yang tidak kalah lezat. Untuk mendapatkan iga bakar empuk dan lembut, iga dan daging yang menempel direbus terlebih dahulu dengan rempah sampai matang. Kemudian baru di bakar sampai kecokelatan. Iga kambing bakar madu ini tidak hanya memberikan sensasi lembut saja, tetapi rasanya pun gurih sampai ke bagian dalam kambing.

  1. Tumis Kecap

Tidak ingin repot mengolah daging kambing menjadi sate, gulai, tongseng, kari atau yang lainnya. Maka Anda bisa membuat daging kambing menjadi tumis kecap. Proses memasaknya pun mudah, yakni menumis potongan daging kambing dan rempah lainnya. Selanjutnya dibubuhkan kecap dan dimasak sampai empuk. Untuk menambahkan aroma lebih sedap, maka bisa ditambahkan daun jeruk, serai dan lengkuas. Setelah matang, sajikan degan taburan bawang goreng dan daun bawang.

Nah itulah beberapa menu olahan daging kambing yang bisa dicoba. Dengan begitu nantinya Anda tidak akan merasa bosan jika ingin menyantap olahan daging kambing.