Berikut Beberapa Tata Cara Aqiqah Yang Perlu Anda Tahu

Kelahiran seorang anak tentu saja akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi setiap keluarga. Setiap orang pasti bersyukur jika dikaruniai seorang anak. Bahkan banyak orang yang selalu menyebut jika anak adalah rezeki sehingga sangat patut untuk disyukuri. Cara dalam bersyukur sendiri sangat banyak sekali. Namun pilihan terbaik untuk bersyukur bagi seorang umat muslim ialah dengan menjalankan ibadah aqiqah. Proses penyembelihan hewan kambing yang mana sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Untuk menjalankan ibadah aqiqah sendiri anda pun bisa melakukannya dengan mudah. Apalagi jika anda memilih kerja sama dengan jasa aqiqah. Anda bisa menjalankan ibadah aqiqah secara praktis dan juga mudah. Sehingga aqiqah yang anda jalankan akan sangat memuaskan dan maksimal hasilnya. Namun tidak semudah yang di bayangkan juga. Namun penting bagi anda untuk memilih layanan yang memang berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya. Saat anda memilih layanan yang terbaik, maka akan sangat mudah bagi anda memenuhi kebutuhan dengan maksimal. Namun selain itu perlu anda ketahui juga terkait dengan tata cara dalam menyelenggarakan ibadah aqiqah. Hal ini bertujuan agar ibadah aqiqah yang anda jalankan bisa berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan.

jasa aqiqah

Inilah Tata Cara Yang Wajib Anda Tahu

Bila anda ingin menyelenggarakan ibadah aqiqah, sebaiknya anda tidak melakukan secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda jadikan pertimbangan dalam menjalankan aqiqah. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Jumlah hewan yang disembelih

Untuk menjalankan ibadah aqiqah, antara anak laki-laki dan anak perempuan ternyata membutuhkan hewan yang berbeda. Nah berapa jumlah yang di butuhkan dalam menjalankan aqiqah tersebut? Nah untuk anak perempuan sendiri anda bisa memanfaatkan 1 ekor kambing. Sedangkan untuk anak laki-laki di butuhkan dengan 2 ekor kambing.

  1. Hewan untuk aqiqah

Hewan yang di gunakan untuk kebutuhan aqiqah tentu saja tidak bisa anda lakukan secara asal-asalan. Dimana kita harus menggunakan kambing aqiqah dalam keadaan yang sehat, tidak cacat dan juga memiliki berat yang cukup. Dengan hewan aqiqah yang terbaik, maka secara mudah anda pun bisa menjalankan aqiqah dengan kualitas yang terbaik serta sesuai dengan harapan anda.

  1. Waktu pelaksanaan aqiqah

Waktu yang baik untuk menyelenggarakan ibadah aqiqah sendiri ialah 7 hari setelah kelahiran seorang anak. Namun jika waktu tersebut anda belum bisa menyelenggarakan ibadah aqiqah. Maka anda bisa melakukan pada hari ke 14 atau ke 21 setelah kelahiran seorang anak. Dengan begitu maka proses penyelenggaraan ibadah aqiqah tentu saja bisa berjalan dengan baik serta sesuai harapan. Anda pun bisa mendapatkan ganjaran lebih dengan waktu tersebut.

  1. Masakan aqiqah

Saat waktu pelaksanaan tiba, tentu hari itu anda pun juga akan melakukan penyembelihan. Berbeda dengan kurban, dalam aqiqah sendiri kita harus mengolah daging terlebih dahulu baru bisa kita bagikan dengan orang terdekat kita. Untuk masakan yang di gunakan dalam aqiqah sendiri ada dengan masakan sate, gulai, tongseng dan masih banyak lagi. Anda perlu memilih sesuai dengan kemampuan anda dalam mengolahnya.

  1. Melakukan pengajian

Setelah semua olahan sudah di persiapkan, penyelenggaraan aqiqah biasanya akan mengajak tetangga atau kerabat untuk datang ke rumah kelahiran seorang anak. Yang mana di tempat tersebut akan diadakan pengajian dan pembacaan doa-doa.